Sultan : Hukum Bisa Diatur dan Dibeli Orang

By : infosatu.com | Senin | 13 Mei 2013 | 16:05:02 | dibaca :951

Gubernur DIY Sri Sultan Hamangkubuwono X saat menghadiri peluncuran buku "Sahabat Berbicara Mahfud MD" di Jakarta, Senin (13/5). 

Pada peluncuran buku tersebut Sultan dalam orasi kebangsaannya mengatakan, Indonesia memerlukan seorang pemimpin yang kuat untuk menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa saat ini.

"Pemimpin itu juga harus rendah resistensinya di masyarakat, memiliki konsistensi antara kata dengan perbuatan," ujar Sri Sultan

Menurut Sri Sultan, pemimpin Indonesia kedepan harus santun, berani, dan hemat untuk mewujudkan Indonesia hebat. Dia menilai, masyarakat tidak perlu meniru bangsa lain dalam mencari sosok pemimpin karena harus kontekstual.

Sri Sultan juga menjelaskan kondisi bangsa Indonesia saat ini kerap dirundung berbagai persoalan, seperti ancaman konflik berbangsa dan bernegara. 

"Hukum bisa diatur dan dibeli orang. Ada jurang antara nilai Pancasila dibandingkan kondisi aktual sekarang," ujar Sultan menambahkan.

Sri Sultan mengkritik gaya hidup masyarakat yang menganut pragmatisme, oportunisme, dan hedonisme. Nilai-nilai tersebut menurut sultan, malah cenderung dianggap nilai modern masyarakat Indonesia saat ini.